Daftar Gunung di Jogja yang Punya Pemandangan Alam Terbaik

Pecinta alam khususnya pegunungan pasti mengincar Jogja sebagai destinasi wisatanya. Terdapat banyak pilihan gunung di Jogja yang punya keunikan pemandangannya sendiri. Apabila kamu mencari pegungan terbaik di Jogja, silahkan baca rekomendasi berikut.

Gunung di Jogja

unsplash.com

1.   Gunung Patuk

Pertama kamu bisa mendatangi wisata Gunung Patuk yang pemandangan dari puncak Patuk adalah alam luas. Lokasinya juga sudah dikelola dengan baik salah satunya dengan hadirnya HeHa Sky View. Pengunjung dari luar kota bahkan banyak yang rela datang meski jalannya sulit.

Spot fotonya beragam karena terletak di ketinggian maka dari semua sisi terlihat bagus. Latar belakang pemandangannya bukan hanya alam namun juga perumahan dan taman indah. Selain HeHa ada juga Bukit Bintang yang bisa dikunjungi.

Lokasi Gunung Putuk ada di Jl.Dlingo-Patuk RT 01/RW 01, Desa Patuk, Kec.Patuk

Jam operasional Heha dan Bukit Bintang:

2.   Gunung Sempu

Kedua adalah Gunung Sempu yakni salah satu gunung di Jogja yang terkenal mistis. Sejatinya setiap pegunungan selalu punya cerita mistisnya sendiri termasuk Sempu. Di wilayah pegunungan Sempu terdapat pemakaman kaum Tionghoa yang membuat makin mistis.

Pemandangan menarik dari Gunung Sempu adalah banyaknya pohon simpur di area gunung. Selain itu ada fakta menarik bahwa Gunung Sempu berada di wilayah Tanah Sultan. Pengelolanya adalah Keraton Yogyakarta yang menghormati Kesultanan Yogyakarta masa lalu.

Lokasi Gunung Sempu ada di Desa Bangunjiwo, Kec.Kasihan, Bantul, Yogyakarta

3.   Gunung Kukusan

Ketiga adalah Gunung Kukusan yang kehadirannya sangat kental dengan mitos Pangeran Kendeng. Tinggi gunung sekitar 800 Mdpl dan masuk sebagai salah satu puncak di deretan perbukitan Menoreh. Secara administrasi memang letak gunungnya ada di Magelang juga.

Keunggulan Gunung Kukusan adalah menjadi salah satu destinasi terbaik jika ingin melihat sunrise. Ketika subuh datang udaranya sangat dingin dan punya sensasi tersendiri. Pengunjung harus naik beberapa anak tangga supaya bisa sampai ke puncak.

Lokasi Gunung Kukusan ada di Area Hutan Ketundan, Kec,Pakis, Kab.Magelang, Jawa Tengah atau berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Silahkan ambil rute tebaik

4.   Gunung Gede

Wisata Gunung Gede atau pendakiannya memang tutup permanen tapi kamu tetap bisa mengunjungi sekitar gunung. Sebelum menjadi lokasi wisata, warga banyak datang ke area Gunung Gede untuk melihat Merapi. Pengunjung akan menikmati pemandangan bukit asri di sekitarnya.

Baik berkunjung saat sunrise atau sunset di Gunung Gede semuanya direkomendasikan. Kabut di sekitar gunung akan menyelimuti tubuh kamu pada pagi hari. Udara gunung di Jogja sangat segar sehingga bagus untuk kamu yang punya masalah pernapasan.

Lokasi Gunung Gede ada di Gembuk, Getas, Kec.Playen, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta

gunung
unsplash.com

5.   Gunung Ireng

Selanjutnya ada Gunung Ireng yang sering dikunjungi ketika pagi hari untuk melihat matahari terbit. Jalanannya sudah berupa aspal tapi pengunjung harus hati-hati karena bisa licin saat banyak kabut. Laju motor juga bisa saja terhenti karena jalanannya menanjak.

Sebenarnya, Gunung Ireng lebih tepat jika dikatakan sebagai bukit. Setelah naik kendaraan bermotor kamu harus jalan lagi naik ke atas untuk melihat keindahan matahari terbit. Mata akan disambut dengan barisan perbukitan kapur yang indah.

Tiket masuk: Rp10.000

Lokasi Gunung Ireng ada di Ngrancahan, Pengkok, Kec.Patuk, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta

Buka 24 Jam

6.   Gunung Sewu

Gunung di Jogja yang satu ini jelas sudah tidak lagi asing di telinga masyarakat. Sudah menjadi kawasan wisata geopark Jogja, Gunung Sewu punya banyak destinasi menarik di dalamnya. Pecinta keindahan alam wajib ke Gunung Sewu setidaknya satu kali seumur hidup.

Bukit di sekitarnya ada banyak yang menjadi inspirasi dari nama gunungnya. Makna sewu jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya seribu. Lebih tepatnya mengarah pada seribu bukit bukan pegunungannya. Ada banyak wisata mulai dari air terjun dan lainnya di sini.

Harga tiket masuk beserta parkir Rp20.000

Lokasi Gunung Sewu secara administrative ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Namun lokasi lebih tepatnya ada di Kab.Pacitan, Wonogiri.

7.   Gunung Nglanggeran

Bagi kamu yang berkunjung ke Gunung Nglanggeran ada baiknya cari informasi detail terlebih dahulu. Pasalnya gunung ini masih menjadi gunung berapi yang aktif. Keunikan dari Gunung Nglanggeran adalah berupa tumpukan bongkahan batu raksasa.

Pesona yang ditunjukkan ketika sunrise sangat memikat hati. Terdapat cerita misteri juga di Gunung Nglanggeran berupa misteri dusun dengan 7 kepala keluarga. Untuk masuk ke area pegunungan atau mendaki dikenakan tiket per orang termasuk ke air terjunnya.

Lokasi Gunung Nglanggeran  di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta

Buka 24 jam

8.   Gunung Api Purba Godean

Banyak yang tidak tahu jika gunung di Jogja lainnya yang termasuk dalam gunung api purba ada di Godean. Warga sekitar lebih mengenai Gunung Godean dengan nama Bukit Pandawa. Memang faktanya area pegunungan sudah dikeruk jadi area perumahan modern.

Perbukitan yang sudah mengalami pelapukan ini selanjutnya hanya berupa tanah lempung. Tapi kamu masih bisa menikmati pemandangan batuan segar yang ditemukan di lokasi. Penggalian tanah dan batu juga masih terus dilakukan.

9.   Gunung Sayegan

Masih satu tempat dengan Godean, Sayegan juga merupakan gunung api purba di masa lalu. Warga setempat menggunakan pelapukan sebagai bahan dasar membuat genteng dan bata. Sekitar Sayegan kamu bisa melihat Gunung Ngampon dan Gunung Berjo.

Terdapat deretan perbukitan kecil yang memanjakan mata. Pada sore hari udaranya sangat sejuk sehingga cocok untuk dijadikan waktu untuk nyantai. Apabila kamu ingin mencari tahu lebih dalam tentang sejarah Sayegan bisa bertanya pada masyarakat.

Lokasi Gunung Godean-Sayegan ada di Kec.Godean, Kab.Sleman

wisata alam
unsplash.com

10.   Gunung Turgo

Masih seputar gunung di Jogja ada juga Gunung Turgo yang masi sepi pengunjung. Sebenarnya wilayah ini lebih cocok jika dikatakan sebagai bukit Turgo yang letaknya tak jauh dari Merapi. Pendaki yang masih pemula sering menggunakan Turgo sebagai lokasi trekking.

Pemandangan alam yang disajikan bukan hanya area pegunungan namun jua sungai Boyong. Lembah hijau dan mempesona juga menghiasi mata sepanjang jalan. Apabila kamu mengikuti ziarah makam Syeh Jumadil Qubro maka akan menggunakan jalur ini.

Harga tiket Rp5.000

Lokasi Gunung Turgo ada di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakata

Buka 24 jam

11.   Gunung Merapi

Selanjutnya yang sudah sangat terkenal ada Gunung Merapi. Menjadi gunung tertinggi di Jogja, ada banyak pendaki yang ingin menaklukkannya. Bagi pemula tidak disarankan untuk memulai petualangan pendakian ke Gunung Merapi.

Keindahan Gunung Merapi juga setara dengan cerita mistis dan juga tingkat bahayanya di sana. Kabar tentang Gunung Merapi yang sering meletus membuat sebagian orang takut. Belum lagi Mbah Marijan yang kisahnya viral juga meninggal di gunung tersebut.

Lokasi Gunung Merapi ada di Klaten, Boyolali, Magelag, Jawa Tengah secara administrasi. Tapi Gunung Merapi juga masih masuk wilayah Jogja.

12.   Gunung Mengger

Hadirnya Gunung Mengger menjadi salah satu gunung di Jogja terbaik yang bisa dipilih. Sama seperti beberapa destinasi wisata gunung lainnya, Mengger bisa dikatakan sebagai bukit. Sejarah menarik dari Gunung Mengger adalah ditemukan jejak sesar opak di daerah perbukitan.

Sudah tercatat resmi sebagai salah satu destinasi wisata, pihak pengelola juga mengedepankan konservasi. Jejak sesar opak yang bisa dilihat secara kasat mata di Gunung Mengger akan jadi keunikan tersendiri. Panjang yang tersisa kurang lebih hanya 200 meter.

Lokasi Gunung Mengger ada di Desa Trimulyo, Jetis, Bantul

gunung di jogja
unsplash.com

13.   Gunung Ijo

Puncak Gunung Ijo Jogja terletak di perbukitan menoreh dan berbatasan langsung dengan Purworejo. Lokasinya sendiri seakan ada di perbatasan antara Kulon Progo dengan Purworejo. Waktu tempuh menuju Gunung Ijo jika dari Jogja yakni sekitar 1 jam 27 menit.

Pemandangan alam di Gunung Ijo sangat memukau dan spektakuler. Berada di ketinggian 675 mdpl, para wisatawan dijamin akan puas dan betah berlama-lama. Udara segar dan keindahan alam yang alami belum banyak tersentuh menjadi keunggulan.

Perjalanan yang harus dilewati pengunjung jika ingin mencapai ke puncak kurang lebih satu jam. Perjalanan ke puncak sangat menantang dengan jalanan yang hanya sepetak. Tapi setelah sampai ke puncak semua rasa lelah dan tantangann akan terbayarkan.

Lokasi Gunung Ijo ada di Kab.Kulonprogo berbatasan langsung dengan Magelang

14.   Gunung Jompong

Jika kamu mencari gunung di Jogja yang masih kental dengan sejarah maka bisa ke Gunung Jompong. Di sini kamu akan menemukan bebatuan dengan bentuk lonjong menyerupai menhir atau batu pemujaan.  Cerita yang beredar tentang Gunung Jompong berbeda-beda versi.

Bahkan ada batu yang tertata rapi seakan sengaja dibuat untuk melindungi diri. Batunya bergaris menunjukkan adanya jejak manusia yang pernah ada di Gunung Jompong. Tapi sejarah aslinya belum ada yang menguak secara resmi.

Mirisnya ada satu cerita Gunung Jompong longsor dan menimbulkan satu korban terkubur hidup-hidup. Kisah mistis yang menyelimuti Gunung Jompong usai kejadian tersebut makin kental. Banyak orang menilai bahwa Gunung Jompong punya penunggu.

Lokasi Gunung Jompong ada di Geneng, Candi Rejo, Kec.Semin, Kab.Gunung Kidul, Yogyakarta

15.   Gunung Gentong

Lokasi Gunung Gentong sangat ramai pengunjung apabila kamu datang di hari libur. Ketinggiannya sekitar 520 mdpl yang di puncaknya terdapat gentong kecil sakral. Wisatawan bisa memandang keindahan alam dan juga menikmati kuliner khas jogja.

Satu cerita yang kental kaitannya dengan Gunung Gentong adalah kisah Prabu Brawijaya. Gentong yang ada di puncak gunung anehnya tidak hancur saat mengenai kepala Prabu Brawijaya. Legenda menyatakan bahwa sang prabu melakukan semedi di sana.

Banyak objek wisata di atas gunung yang bisa kamu kunjungi. Bahkan ada juga tempat persembunyian Prabu Brawijaya yang dinamakan Gadhean. Namanya diambil dari perasaan Prabu yang seakan jiwanya digadaikan pada bulan purnama.

Lokasi Gunung Gentong ada di Gedongsari, Gunungkidul, Yogyakarta

Cerita mistis tentang gunung Jogja bisa dipercayai atau tidak tapi yang jelas kita harus menjaga keindahan alamnya. Hormati kepercayaan masyarakat setempat jika ada tempat yang disakralkan. Contohnya seperti gentong di puncak Gunung Gentong yang dikaitkan dengan Prabu Brawijaya.

source: https://www.youtube.com/@fiersabesari

Seluruh gunung di Jogja yang sudah disebutkan di atas punya pemandangan bagus. Masing-masing menyajikan keindahan alam yang berbeda-beda. Pastikan sebelum ke gunung kamu membekali diri secara fisik, mental dan spiritual supaya terjaga ya sobat GoTravelly!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *